Frequently Asked Question (FAQ)
Q
:
Apakah aplikasi Whistleblower's System (Wbs) Kementerian Agraria & Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional ini?
A
:
Aplikasi Whistleblower's System (Wbs) Kementerian Agraria & Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional adalah aplikasi pengelolaan dan tindak lanjut pengaduan serta pelaporan hasil pengelolaan pengaduan yang disediakan oleh Kementerian Agraria & Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional sebagai salah satu sarana atau tool bagi setiap pejabat/pegawai Kementerian Agraria & Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional untuk melaporkan dugaan adanya pelanggaran dan/atau ketidakpuasan terhadap pelayanan yang dilakukan/diberikan oleh pejabat/pegawai Kementerian Agraria & Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional.
Q
:
Apakah Username dam nomor register pengaduan?
A
:
Username adalah nama samaran anda sebagai pelapor yang digunakan untuk login dan berkomunikasi lebih lanjut dalam aplikasi ini, kemudian Nomor register adalah nomor yang digunakan sebagai identitas pelaporan dalam melakukan komunikasi tidak langsung antara pihak pelapor dengan penerima laporan melalui aplikasi Whitsleblower's System ini.
Simpan dengan baik username dan password anda, jangan sampai tercecer dan diketahui oleh pihak yang tidak berhak karena pelayanan untuk mengetahui status tindak lanjut pengaduan yang disampaikan hanya dapat diberikan melalui akun username tersebut.
Q
:
Apakah bentuk respon yang diberikan kepada pelapor atas pengaduan yang disampaikan?
A
:
Respon yang diberikan kepada pelapor berupa respon awal (ucapan terima kasih telah melakukan pengaduan) dan respon selanjutnya akan ditampilkan di thread/ history pada halaman akun anda dengan notifikasi/ pemberitahuan melalui email.
Q
:
Bagaimana jika laporan saya tidak lengkap?
A
:
Sesuai dengan SOP aplikasi Whitsleblower's System Kementerian Agraria & Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional, maka pelapor diwajibkan untuk melengkapi laporanya dalam kurun waktu 30 (tiga puluh) hari setelah pemberitahuan dari tim pengelola yang diberikan pada halaman akun pelapor dengan notifikasi email. Apabila sampai dengan 30 (tiga puluh) hari setelah dikomunikasikan, Pelapor tidak melengkapi laporan, maka laporan tidak ditindaklanjuti (tidak diproses).
Q
:
Apakah kerahasiaan identitas saya sebagai pengadu/pelapor terjaga?
A
:
Kerahasiaan identitas anda sebagai pelapor akan terjaga dam kami harap anda juga menjaga username dan password yang telah diberikan kepada anda.
Q
:
Apakah setiap melakukan pengaduan harus membuat dan register username baru?
A
:
Perlu anda ketahui jika dengan satu username dapat melakukan pengaduan lebih dari satu. Ketika setelah selesai membuat satu pengaduan, anda akan mendapatkan nomor register pengaduan, kemudian jika anda ingin melakukan pengaduan lagi maka cukup klik tombol buat pengaduan baru dan akan mendapatkan nomor register yang berbeda.
Q
:
Apakah saya bisa melakukan perubahan terhadap pengaduan yang telah saya buat?
A
:
Pengaduan yang sudah dilaporkan sebelumnya tidak dapat dilakukan perubahan namun anda bisa menambahkan data lain terkait pengaduan dengan mengunggah data dalam bentuk seperti dokumen, foto, video, dan lain sebagainya masing-masing dengan ukuran maksimum 10 MB. Untuk itu anda diharapkan teliti terlebih dahulu pengaduan anda sebelum melaporkan.